Skip to main content

Cara Isolasi Mandiri di Rumah yang Benar Ketika Positif Covid-19

 Hal wajib yang perlu Anda lakukan ketika positif covid-19 adalah melakukan isolasi. Jika memungkinkan, Anda bisa melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun pastikan mengetahui cara isolasi mandiri di rumah yang benar terlebih dahulu.

Cara Isolasi Mandiri di Rumah yang Benar Ketika Positif Covid-19
Cara Isolasi Mandiri di Rumah yang Benar Ketika Positif Covid-19

Bukan karena dengan sedang isoman di rumah, Anda melanggorkan aturan untuk menjaga kesehatan. Justru harus semakin ketat agar anggota keluarga dalam rumah lainnya tidak tertular. Jadi pastikan cara isolasi mandiri di rumah yang benar dan aman Anda terapkan.

6 Cara Isolasi Mandiri di Rumah yang Benar

Berikut adalah beberapa cara isolasi mandiri di rumah yang benar ketika positif covid-19:

1. Memiliki Ruangan atau Kamar Khusus untuk Isolasi Diri

Salah satu cara untuk cara isolasi mandiri di rumah yang benar adalah memiliki ruangan khusus untuk mengisolasi diri. Seperti kamar pribadi. Jika Anda sedang isolasi, pastikan untuk tidak keluar kamar tanpa keadaan yang urgent.

Sementara waktu Anda bisa makan maupun melakukan berbagai aktivitas lain di kamar saja. Lalu bisa keluar kamar untuk aktivitas tertentu seperti mandi atau bersih diri. 

2. Memakai Masker Medis Ketika Bersama Orang Lain

Jika Anda terpaksa tidak memiliki ruangan khusus saat berada di rumah, pastikan menggunakan masker medis ketika bersama orang lain, termasuk anggota keluarga Anda. Hal ini karena potensi menular dan tertular juga tidak pandang siapa orangnya.

Pastikan pula Anda mengganti masker medis dalam satu hari atau sekali pakai. Jika sudah tidak menggunakannya, buang pada tempat sampah dan tutup rapat. 

3. Jangan Berbagi Peralatan Pribadi

Siapa tahu bahwa pada barang bekas Anda pegang sebagai pasien covid-19 isolasi mandiri, ternyata tertempel virus covid-19 pula. Jadi jangan sampai berbagi peralatan pribadi pada anggota keluarga yang lainnya.

Berbagai peralatan pribadi yang dimaksud seperti peralatan mandi, peralatan makan, peralatan tidur, dan lain sebagainya. Jika selesai menggunakan peralatan makan, pastikan langsung mencuci piring atau sendok tersebut.

4. Mencuci Tangan Secara Teratur

Jangan lupa untuk selalu rutin mencuci tangan. Baik ketika ingin menyentuh sesuatu untuk dikonsumsi atau diberikan kepada orang lain. Ketika mencuci tangan. Gunakan sabun dan air. Pastikan pula mencuci dengan gerakan yang benar.

Jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan secara teratur, Anda bisa rutin menggunakan handsanitizer dengan kandungan alkohol 60%. Hindari pula untuk menyentuh tangan, bibir, atau hidung dengan tangan yang belum Anda cuci.

Pastikan mencuci tangan terutama pada saat-saat berikut ini:

  • Sebelum dan setelah makan
  • Sebelum menyiapkan makanan
  • Sesudah batuk atau bersin
  • Sebelum dan sesudah merawat pasien
  • Setelah dari toilet

Ketika tangan Anda nampak kotor

5. Memantau Gejala Pada Tubuh Secara Rutin

Cara isolasi mandiri di rumah yang benar dan baik selanjutnya yaitu jangan lupa pula untuk memantau gejala pada tubuh semenjak Anda terdeteksi positif covid-19. Seperti suhu tubuh, gejala batuk, tenggorokan terasa sakit, nyeri pada dada, sesak nafas, dan lain sebagainya.

Anda bisa cek apakah gejala awal pada tubuh sejak awal positif covid apakah sudah sembuh atau belum. Selain itu bisa cek pula apakah muncul gejala baru atau tidak. 

Anda juga bisa cek kadar oksigen dalam tubuh tetap dalam keadaan normal. Normalnya yaitu pada angka 90% atau ke atas. Jadi sangat disarankan pasien isoman bisa memiliki alat oksimeter pribadi untuk cek kadar oksigen dalam tubuh secara rutin.

6. Tutup Mulut Saat Batuk dan Bersin 

Cara isolasi mandiri di rumah yang benar selanjutnya yaitu menutup mulut ketika batuk dan bersin. Anda bisa menggunakan tissue sekali pakai atau siku yang tertekuk. Pastikan langsung membuat tissue pada tempat sampah setelah menggunakannya agar tidak menjadikan media untuk menularkan virus ke orang lain.

Penutup

Jadi itu adalah cara isolasi mandiri di rumah yang benar. Pastikan Anda menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar tidak menularkan ke orang lain. Selain itu, jaga pula kondisi diri agar tidak stress dan drop sehingga imun diri bisa terjaga dan semakin meningkat.

Sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat! 

Kebijakan Komentar: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Admin
Buka Komentar
Tutup Komentar