Skip to main content

Mengenal istilah dalam Google Adsense

 Di dalam adsense, ada istilah-istilah khusus yang menjadi parameter perhitungan. Bagi seorang blogger, mengenal istilah dalam Google Adsense tentu saja penting. Sehingga ia bisa mulai menganalisis untuk optimasi pendapatannya.

Mengenal istilah dalam Google Adsense
Mengenal istilah dalam Google Adsense

Pada ulasan ini, kami akan menjelaskan beberapa istilah dalam Adsense yang perlu dipahami. Dengan mengetahui istilah tersebut, Anda dijamin bisa memulai analisis penghasilan dan strategi meningkatkannya.

Mengetahui Makna Istilah dalam Google Adsense

Setidaknya, kami akan sampaikan 7 istilah yang paling utama dalam adsense. Istilah tersebut akan selalu muncul di halaman beranda. Sebab, istilah itulah yang dijadikan dasar perhitungan penghasilan google Adsense Anda.

1. Penghasilan Tertaksir

Istilah yang pertama adalah pemaparan hasil iklan Anda. Ada 4 data yang akan ditunjukkan, yakni:

  • Penghasilan hingga hari ini
  • Kemarin
  • 7 hari terakhir
  • 1 bulan terakhir

Di samping bagian penghasilan tertaksir tersebut ada istilah google adsense yang bernama Saldo. Menunjukkan jumlah total penghasilan yang Anda miliki selama mengiklankan di Google (yang belum diambil/withdraw).

2. Klik

Singkatnya, klik adalah jumlah orang yang berkunjung di website Anda dan mengklik iklan yang ada di dalamnya. Klik ini akan dihitung secara berkala dalam jangka waktu 1 hari dan di reset ketika jam 00.00.

3. Tampilan Halaman

Istilah dalam google Adsense yang satu ini pada dasarnya tidak mempengaruhi pendapatan Anda. Sebab, datanya diambil berdasarkan jumlah pengunjung website Anda. Meskipun demikian, data Tampilan halaman akan dijadikan dasar penentuan RKT.

4. RPM (Revenue Per Thousand Impression)

Dalam Google Adsense, istilah ini menggambarkan sebuah “perkiraan” dalam 1000 tampilan. Data ini diperoleh dari persentase RKT dan jumlah klik.

Jadi, bisa disimpulkan; Istilah dalam Google Adsense yang satu ini bukanlah pendapatan Anda. Akan tetapi hanya perkiraan dan tidak akan ditambahkan pada penghasilan Anda. Banyak sekali blogger yang salah paham terhadap RPM halaman ini.

5. RKT (Rasio Klik Tayang)

Bisa dikatakan, RKT adalah persentase jumlah klik dibanding tampilan halaman. Jadi, jika website Anda memiliki tayangan 1000 dengan klik 100, maka RKTnya sebesar; 1000/100 = 10%.

Rata-rata, RKT ini nilainya kecil. Sebab, jika terlalu besar, malah bisa berpotensi di-banned oleh pihak Google. Alasannya sepele, sebab RKT yang terlalu tinggi diasumsikan hasil invalid click yang dibuat-buat (entah dengan VPN maupun mode lain).

Beberapa blogger berpendapat, RKT yang paling aman dan nyaman adalah di kisaran angka 8-10%. Lebih dari itu, dikatakan berbahaya untuk kesehatan akun Google Adsense untuk kedepannya.

6. Tayangan

Satu istilah dalam google adsense yang menciptakan banyak tafsir adalah tayangan (impression). Ada yang menyebutkan jika hal tersebut merupakan angka iklan yang terlihat di dalam kunjungan.

Selain itu, ada yang mengatakan jika tayangan adalah jumlah iklan yang termuat dalam satu halaman permintaan iklan. Bagaimanapun artinya, istilah google adsense yang satu ini cenderung diartikan sebagai jumlah keseluruhan iklan yang tampil.

7. CPC (Cost per Click)

Istilah dalam google Adsense yang terakhir adalah CPC. Cost per Click adalah hitungan rata-rata penghasilan yang diperoleh seorang publisher. Artinya, CPC adalah jumlah penghasilan yang tertaksir dibagi jumlah klik.

Besaran CPC per iklan rata-rata berbeda. Tergantung negara yang klik iklan, relevansi iklan, dan tentunya jumlah penawaran pada iklan tersebut. Maka tidak heran, meningkatkan CPC adsense adalah cita-cita hampir seluruh blogger di dunia.

Penutup

Semua istilah dalam Google Adsense di atas, tentunya wajib dipahami oleh publisher. Sebab, semua istilah tersebut pasti akan Anda temukan ketika daftar Google Adsense dan iklan sudah tayang. 

Kebijakan Komentar: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Admin
Buka Komentar
Tutup Komentar