Skip to main content

Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

 Dalam dunia SEO, peran backlink tentu sangat penting. Sebab, mesin crawl menggunakan link untuk mengindeks sebuah laman. Berdasarkan teorinya, ada dua jenis backlink; dofollow dan nofollow. Nah, apa perbedaan backlink dofollow dan nofollow?

Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow
Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Anda perlu memahami jika kedua backlink ini sangat penting untuk website. Dibutuhkan keseimbangan dua jenis backlink ini agar website Anda berkembang dengan baik dan kuat di search engine result page (SERP).

Mengenal Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Pada pembahasan kali ini, kami akan mengulas bagaimana cara membuat backlink dan perbedaan backlink ditinjau dari fungsi, kebutuhan, keunggulan serta kekurangan. Check this up!

1. Backlink Dofollow

Do: melakukan, follow: mengikuti

Artinya, backlink dofollow adalah jenis link yang mengijinkan mesin pencari menelusuri link tersebut, sehingga mesin crawl bisa mengindex halaman yang Anda berikan link. Kita tahu, mesin pencarian terus melakukan perayapan.

Boleh dikatakan, backlink jenis ini digunakan untuk memberikan rekomendasi atau referensi jika laman yang diberikan link merupakan laman yang terpercaya dan memiliki kualitas konten yang baik.

Cara Membuat Backlink Dofollow

Cara membuat backlink dofollow di wordpress atau blogger sangat mudah. Anda cukup berikan link, maka secara otomatis link tersebut akan menjadi dofollow. Sedangkan, struktur html dari link ini adalah:

<a href=”https://www.baidowiroqim.com/”>Baidowiroqim</a>

Keunggulan dan Kekurangan Backlink Dofollow

Backlink dofollow adalah jenis link yang memiliki peran sebagai penilai. Jika pemberi link dofollow adalah website yang baik, maka backlink tersebut akan memberikan dampak positif bagi website.

Begitu juga sebaliknya, jika backlink dofollow ditebar di website spam, maka link tersebut malah bisa menurunkan authority website yang diberikan link. Dengan mengetahui perbedaan backlink dofollow dan nofollow untuk website, Anda harus semakin pilih-pilih.

2. Backlink Nofollow

No: Tidak, Follow: Mengikuti

Backlink nofollow adalah jenis backlink yang diberikan pada sebuah website, namun kode htmlnya tidak memberikan izin kepada mesin crawl untuk merayapi laman yang diberikan link. Boleh dikatakan, backlink ini tidak memberikan efek atau dampak secara langsung.

Meskipun demikian, banyak pakar SEO yang mengatakan jika backlink nofollow tetap memiliki fungsi keseimbangan. Sehingga, mesin SEO apapun pasti akan memperhatikan jenis backlink ini meski tidak digunakan untuk menaikkan authority secara langsung.

Cara Membuat Backlink Nofollow

Kode html yang terlihat dari backlink nofollow tentu saja berbeda dengan backlink dofollow. Contoh penulisan backlink nofollow adalah sebagai berikut:

<a href=”https://www.baidowiroqim.com/”rel=”nofollow”>Baidowiroqim</a>

Ada kata “nofollow” di dalam penulis tersebut. Artinya, link tersebut tidak memperbolehkan mesin crawl untuk merayapi halaman yang diberikan backlink.

Keunggulan dan Kekurangan Backlink Dofollow

Keunggulan backlink nofollow lebih ke arah teknis pengguna. Backlink ini memberikan link pada halaman tertentu untuk pengakses saja. Artinya, mesin crawl tidak ikut-ikutan merayapi. Sehingga, backlink nofollow lebih difungsikan untuk kepentingan social trust.

Sedangkan kekurangan backlink ini adalah tidak dihitung oleh mesin crawl. Sehingga, sebesar dan sebanyak apapun backlink ini disuntikkan, maka tidak akan memberikan efek secara langsung. Sebab, link ini tidak memiliki fungsi tersebut.

Dengan mengenal perbedaan backlink dofollow dan nofollow, sekarang Anda tahu jika kedua backlink ini penting untuk diberikan pada website Anda. Jika Anda berniat mencari daftar backlink dofollow dan nofollow, cari saja di internet. Akan banyak rekomendasi yang Anda temukan.

Penutup

Demikian sedikit penjelasan mengenai apa perbedaan backlink dofollow dan nofollow yang harus Anda ketahui. Sampai disini, Anda perlu yakin jika kedua jenis backlink ini memiliki fungsi dalam strategi SEO.

Kebijakan Komentar: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Admin
Buka Komentar
Tutup Komentar