Skip to main content

Rekomendasi Dompet Digital Indonesia Terbaik 2021

 Pada era digitalisasi seperti ini, semua hal mulai beralih ke digital. Termasuk tempat penyimpanan uang. Saat ini orang-orang mulai beralih dengan menggunakan dompet digital Indonesia. Bahkan pengguna dompet digital di Indonesia akhir-akhir ini terus melonjak.

Rekomendasi Dompet Digital Indonesia Terbaik 2021
Rekomendasi Dompet Digital Indonesia Terbaik 2021

Dengan menggunakan dompet digital Indonesia apk, Anda bisa bertaransaksi secara cashless. Ini tentu memudahkan bagi Anda yang tidak ingin ribet harus membawa uang kemana-mana. Melainkan tinggal menyimpannya melalui aplikasi di HP.

Tips Penting Memilih Dompet Digital Indonesia

Sebelum Anda mencoba memilih dompet digital Indonesia 2021 yang akan digunakan, pastikan memperhatikan tips satu ini. Satu hal penting yang perlu Anda perhatikan dari e-wallet tersebut adalah apakah ia terdaftar pada OJK atau tidak.

OJK sendiri merupakan singkatan dari Otoritas Jasa Pajak. Dimana suatu lembaga yang mengawasi seluruh kegiatan dari sektor keuangan, termasuk dompet digital. Lebih mudahnya, OJK adalah lembaga yang bertanggung jawab atas keamanan transaksi Anda pada e-wallet tersebut.

5 Rekomendasi Dompet Digital Indonesia

Berikut adalah rekomendasi daftar e-wallet di Indonesia yang bisa Anda gunakan dan sudah terdaftar di OJK: 

1. Shopeepay

Shopeepay saat ini menjadi dompet digital paling banyak dipakai di Indonesia. E-wallet yang terintegrasi dengan marketplace besar bernama Shopee ini sudah berhasil menggaet banyak orang untuk bergabung. 

Bahkan saat ini, tidak hanya digunakan sebagai alat pembayaran belanjaan di shopee, Shopeepay memperluas fungsinya. Seperti untuk pembayaran di berbagai merchant sampai transfer antar pengguna atau transfer bank.

Biaya transfer dari shopeepay ke bank adalah sekitar 3500 rupiah. Jika Anda ingin isi shopeepay dari bank, Anda akan terkena potongan sebesar 500 rupiah.

2. Dana

Dompet digital Indonesia terbaik satu ini pun banyak digunakan oleh masyarakat. Kelebihan dari DANA adalah Anda bisa gratis 10x transfer ke bank dari penggunaan awal. Dengan begitu bisa transfer tanpa khawatir biaya admin. Anda juga bisa top up dana dari bank tanpa biaya admin. 

Selain itu, aplikasi dana juga bisa Anda gunakan untuk banyak hal.

Mulai dari:

  • Membeli pulsa atau paket internet
  • Membayar berbagai tagihan
  • Membayar pada merchant dengan QR Code QRIS
  • serta masih banyak lagi.

Bahkan saat ini, aplikasi dana sangat populer karena banyak digunakan oleh beberapa aplikasi atau game penghasil uang. Setelah Anda mendapatkan uang dari aplikasi atau game tersebut, Anda bisa mencairkan atau withdraw ke akun dana.

3. OVO

Dompet digital Indonesia satu ini sangat terkenal karena sebagai pembayaran digital utama dari aplikasi transportasi online, yaitu Grab. Namun tidak hanya bisa digunakan pada grab, aplikasi ovo bisa Anda gunakan untuk berbagai hal.

Mulai dari bayar tagihan, bayar berbagai merchant, donasi, bahkan sampai investasi reksa dana. Seperti aplikasi e-wallet lainnya, OVO juga terintegrasi dengan QR code QRIS yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi merchant. 

Namun sayangnya, jika Anda ingin transfer ke bank melalui OVO, Anda akan dikenakan admin 2500 rupiah. Sebaliknya, jika ingin top up OVO, Anda akan dikenakan potongan 1000 rupiah.

4. Link Aja

Aplikasi e-wallet selanjutnya yang bisa Anda gunakan yaitu Link Aja. Aplikasi ini sudah bekerjasama dengan bank BUMN dan telkomsel. Keuntungannya, Anda bisa transfer ke seluruh bank BUMN (BRI, BNI, BTN, Mandiri, dan BSI) tanpa perlu khawatir biaya admin.

Selain itu, Anda juga bisa top up link aja dari bank atau merchant tanpa biaya admin. Namun jika Anda ingin transfer ke selain bank BUMN, akan ada admin sebesar 2500 rupiah.

Tidak hanya digunakan sebagai alat pembayaran pembelian, link aja bisa digunakan untuk berbagai hal. Seperti pembayaran transportasi (contohnya kereta api), pembelian pulsa dan paket internet, donasi, bahkan investasi reksadana. 

5. GOPAY

Gopay merupakan dompet digital integrasi dari GO-JEK. Anda harus menginstall gojek terlebih dahulu untuk menggunakan e-wallet satu ini. Seperti dompet digital lainnya, gopay juga menawarkan berbagai fitur yang menarik.

Fungsi utama dari e-wallet satu ini tentu untuk pembayaran digital dari berbagai fasilitas yang ada di aplikasi GO-JEK. Seperti layanan ojek online, pengantaran barang, pengantaran makanan, dan lain-lain.

Penutup

Jadi itu adalah penjelasan mengenai berbagai rekomendasi dompet digital Indonesia yang sudah terdaftar pada Otoritas Jasa Pajak. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Kebijakan Komentar: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Admin
Buka Komentar
Tutup Komentar