Skip to main content

Strategi SEO Off Page - Membangun Website yang Kuat

 Bermain website tidak hanya berkutat pada hal-hal yang bersifat teknis dari dalam. Anda perlu memiliki relasi dengan website lainnya. Sehingga kekuatan website Anda juga muncul dari eksternal. Maka dari itu, penting mempelajari Strategi SEO Off Page.

Strategi SEO Off Page - Membangun Website yang Kuat
Strategi SEO Off Page - Membangun Website yang Kuat

“Apa itu SEO Off Page?”

Singkatnya, SEO Off page adalah optimasi yang dilakukan dari luar konten website. Strategi ini adalah kebalikan dari SEO On Page. Inti dari strategi ini adalah memaksimalkan proses link building.

Strategi SEO Off Page

Ada setidaknya 4 hal yang wajib Anda lakukan untuk optimalisasi SEO Off Page Anda, diantaranya adalah:

1. Link Building

Algoritma dari Google yang bernama Pagerank, memberikan isyarat jika backlink adalah indikator kedua dari penilaian SERP. Maka dari itu, mendapatkan backlink dari website lain penting Anda usahakan.

Namun, hal ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab pembangunan link yang tidak sistematis, bisa membuat website Anda terkena penalty dari Google. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan hal di bawah ini:

  • Perhatikan Authority website pemberi backlink
  • Lakukan guest post
  • Coba strategi broken link
  • Cari backlink kontekstual yang memiliki relevansi
  • Beri anchor text yang sesuai
  • Hindari cara black hat SEO

Beberapa hal penting di atas, harus Anda perhatikan. Karena jika tidak, website Anda tidak akan berkembang dengan baik, yang ada malah hilang dari pencarian Google.

2. Daftarkan Google Bisnis dan Google News

Alternatif Strategi Off Page 2021 yang wajib Anda terapkan adalah fitur Google lain. Bagi Anda pemilik website bisnis, wajib hukumnya daftar ke Google bisnisku. Proses pendaftarannya sangat mudah.

Jika Anda memiliki blog, bisa coba Google News. Jika Anda berhasil mendaftarkan ke dua platform tersebut, kami jamin proses indexing konten Anda akan semakin cepat. Sebab, Google sudah mengenal website Anda.

Jika Anda merasa kesulitan, jangan khawatir! Banyak jasa approve Google bisnis dan Google News yang bisa Anda sewa. Harganya pun juga tidak teramat mahal. Dijamin perayapan Google Anda akan semakin cepat.

3. Share ke Media Sosial

Secara teknis, share ke media sosial memang bukan cara meningkatkan authority website. Namun, media sosial adalah platform dimana banyak orang berinteraksi. Sehingga, kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan traffic dari medsos.

Semakin tinggi traffic yang Anda dapatkan dari media sosial, semakin cepat pula website Anda akan berkembang. Maka dari itu, manfaatkan grup Facebook, instagram, Twitter, dan LinkedIN.

Jangan sepelekan dampak dari share ke media sosial. Meskipun tidak berimbas secara langsung pada optimasi SEO Off Page Anda, Sosial media sangat potensial untuk mendapatkan banyak pengunjung.

4. Web Branding

Strategi SEO Off Page yang terakhir adalah web branding. Singkatnya, metode ini dilakukan untuk meningkatkan brand website yang Anda miliki. Sehingga, semakin website Anda dikenal, semakin besar pula traffic yang Anda dapatkan.

Anda bisa menggunakan jasa press release, mengikuti lomba blogger, melakukan listing, dan hal lain untuk mengenalkan website Anda pada dunia. Jika website Anda memiliki ciri khas, dijamin website Anda akan berkembang dengan pesat.

Web Branding ini secara otomatis membuat warganet berpikir jika website Anda adalah referensi tepat. Sehingga secara direct, mereka membuka website Anda karena membutuhkan.

Penutup

Beberapa strategi SEO Off Page yang kami tuliskan di atas memang tidak mudah dipraktekkan. Anda perlu menjalin komunikasi yang lebih luas agar mendapatkan backlink yang kuat. Ingat, tetap utamakan cara yang benar, agar website Anda tidak terkena pinalti Google.

Kebijakan Komentar: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Admin
Buka Komentar
Tutup Komentar