Skip to main content

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi, Pasti Berhasil!

 Touchpad menjadi salah satu komponen penting pada laptop sebagai pengganti mouse. Apabila touchpad laptop tidak berfungsi sebagaimana mestinya, tentu akan menghambat aktivitas kita saat mengerjakan tugas atau menggunakan laptop tersebut.

Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi, Pasti Berhasil!

Jika Anda menjumpai kerusakan atau masalah pada touchpad laptop, maka jangan langsung panik atau terburu-buru membawanya ke jasa service laptop karena ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah yang satu ini.

4 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Touchpad memiliki peran penting pada penggunaan laptop karena berfungsi sebagai pengganti mouse di komputer. Apabila terjadi masalah pada touchpad, sebenarnya kita masih bisa menggunakan perangkat mouse tapi ini sangat menyusahkan.

Sebelum menggantinya dengan perangkat mouse, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Aktifkan Touchpad yang Disable

Touchpad laptop tidak bisa berfungsi windows 7 secara tiba-tiba? Mungkin secara tidak sengaja Anda menekan tombol di keyboard yang berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad jadi cobalah untuk memeriksa keyboard di laptop Anda.

Anda bisa mencari tombol tersebut di antara tombol F1 sampai F12. Apabila sudah ketemu, tekan kombinasi Fn + tombol tersebut untuk mengaktifkan kursor yang freeze. Cara lainnya adalah membuka Mouse Setting dan pilih Enable Touchpad.

2. Hapus Perangkat Lunak Mouse

Beberapa laptop menyediakan perangkat lunak bawaan mouse yang ternyata bisa membuat touchpad menolak untuk bekerja. Untuk itu, Anda harus menghapus software mouse lalu restart jika touchpad laptop tidak bisa berfungsi windows 8.

Cara mengaktifkan touchpad laptop sangatlah mudah, yaitu dengan menekan kombinasi tombol logo Windows + R. Kemudian, ketik dvmgmt.msc dan OK. Setelah itu, lakukan uninstall pada software mouse yang terpasang.

3. Update atau Install Driver

Jika Anda menemukan touchpad laptop tidak bisa berfungsi windows 10, Anda bisa melakukan update atau install driver. Semua driver di laptop biasanya akan hilang semua saat Anda melakukan install ulang laptop. 

Oleh karena itu, Anda bisa mencari instalasi driver touchpad yang sesuai dengan merek laptop, misalnya Lenovo atau Acer. Setelah itu, lakukan update dan install driver yang sudah disediakan oleh produsen laptop melalui situs tersebut.

4. Perbaiki Laptop

Ada kalanya semua cara di atas tidak berhasil dilakukan sehingga Anda harus memilih cara terakhir ini, khususnya untuk laptop yang masih baru. Tidak ada salahnya Anda membawa masalah toouchpad tersebut ke pusat servis resmi.

Pihak teknisi akan membantu Anda untuk mencari penyebab mengapa touchpad laptop tidak dapat digunakan. Apabila masih bisa diperbaiki, teknisi akan memperbaikinya tapi terkadang juga dibutuhkan perangkat pengganti yang baru.

Bagi Anda yang mengalami masalah touchpad laptop tidak berfungsi, maka bisa mencoba beberapa cara di atas. Jika memang tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut sendiri, barulah Anda bisa membawa laptop ke jasa service profesional.

Kebijakan Komentar: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Admin
Buka Komentar
Tutup Komentar