Skip to main content

Cara Print Hitam Putih di Word dengan Cepat & Mudah

 Salah satu cara agar tinta printer awet adalah dengan melakukan grayscale printing.  Sebuah mode printing hitam putih yang cocok untuk dokumen teks. Nah, bagaimana sih cara print hitam putih di word dengan cepat dan gampang?

Cara Print Hitam Putih di Word dengan Cepat & Mudah

Pada dasarnya, semua merk printing mulai dari epson, hp, hingga canon pasti memiliki mode tersebut. Sehingga, Anda tidak perlu bingung. Bahkan tanpa tutorial pun, Anda mungkin saja bisa melakukannya.

Kenapa Harus Print Hitam Putih

Sebelum Anda mengikuti langkah-langkah cara print hitam putih di word, kami akan berikan beberapa alasan kenapa Anda harus print hitam putih.

Beberapa keunggulan yang bisa jadi alasan kenapa Anda perlu cetak hitam putih adalah:

1. Hemat Tinta

Tidak tidak perlu mengeluarkan warna tinta lain selain hitam. Sehingga, bisa dikatakan cetak hitam putih jauh lebih hemat dan murah.

2. Proses Cepat

Jika Anda mau membandingkan, proses printing hitam putih jauh lebih cepat. Printer tidak perlu melakukan perpaduan warna yang membuat proses cetak menjadi lama.

3. Biaya Murah

Bagi Anda yang mencetak di layanan printing, harga hitam putih jauh lebih murah. Rata-rata hanya di kisaran Rp 50,- hingga Rp 500,- saja per lembarnya. Sedangkan printer warna bisa  mencapai Rp2.000,- per lembar.

4. Cocok untuk Dokumen Teks

Alasan terakhir kenapa Anda harus tahu cara print hitam putih di word adalah karena cocok untuk mencetak dokumen teks. Entah itu makalah, skripsi, ataupun dokumen lain yang berbasis teks.

Beberapa keunggulan mencetak hitam putih di word tersebut tentu bisa menjadi pertimbangan. Terlebih jika Anda ingin cetak file dokumen yang lebih banyak teks daripada gambarnya.

Cara Print Hitam Putih di Word Semua Versi

Pada dasarnya, semua versi word maupun excel (mulai dari 2007, 2010, hingga 2019) memiliki cara print hitam putih yang sama. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka file word yang ingin Anda print
  • Setelah itu, klik File > Print atau bisa dengan tombol pintasan Ctrl + P
  • Jika sudah, pilih Printer Properties
  • Klik pada bagian Color > pilih Grayscale > OK
  • Jika sudah, klik Print
  • Selesai

Itulah tutorial cara print hitam putih di word yang bisa Anda coba. Langkah-langkahnya sangat jelas dan sederhana. Sehingga, Anda bisa melakukannya di berbagai merk printer.

Satu hal yang perlu diingat, setting grayscale akan diterapkan pada seluruh setting Word. Maka dari itu, jika tidak kembali disetting, maka pada dokumen lain juga tersetting grayscale.

Penutup

Demikian sedikit penjelasan bagaimana cara print hitam putih yang bisa Anda coba. Langkah-langkah di atas sangat mudah untuk diikuti. Jika Anda tidak menemukan print properties, coba cek apakah driver printer sudah terinstal atau belum.

Kebijakan Komentar: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Admin
Buka Komentar
Tutup Komentar